Sunday, July 30, 2017

Apa itu sertifikasi CCNA CISCO

Apa itu CCNA?

Jawab :
CCNA adalah sertifikasi networking pada level dasar (associate) yang diperuntukkan bagi mahasiswa/engineer/umum yang ingin mendalami teknologinya Cisco. Tidak hanya teknologinya saja yang dipelajari, tapi juga perangkatnya Cisco yaitu Router dan Switch.  CCNA saat ini menjadi requirement bagi engineer yang ingin terjun ke dunia teknologi informasi khususnya networking. Dengan memiliki CCNA, engineer memiliki prospek pekerjaan yang kompetitif untuk kedepannya. 
ccnp-to-ccie
3) Bagaimana cara mendapatkan CCNA?
Jawab :
Anda mengikuti ujian sertifikasi (exam) di perwakilan Cisco yaitu Pearson Vue. Di Bandung misalnya Telkom PDC.
Sebelum mengikuti ujian, Anda harus mendaftar dulu. Untuk mengetahui lokasi ujian yang dekat dengan Anda, silahkan klik Locate Test Center.
Pada saat pendaftaran ujian, Anda akan ditanya kode ujiannya (exam code) untuk sertifikasi Cisco CCNA.

4) Berapa kode ujian untuk CCNA?
Jawab :
Untuk CCNA kode ujiannya 200-120
5) Berapa biaya ujian untuk CCNA?
Jawab :
Untuk CCNA harga ujiannya 295 USD
Biasanya Anda akan dikenai pajak dan biaya administrasi jika mengikuti ujian di perwakilan Pearson Vue. Biaya tersebut berbeda-beda tiap lembaga. Dan harga akhir yang harus dibayarkan tergantung kurs dollar pada saat Anda mendaftarkan diri untuk ujian.
Berdasarkan informasi dari marketing TelkomPDC pada 2 Nov 2015, biaya ujian CCNA 295 USD include administrasi totalnya Rp 4.700.000
6) Bagaimana cara mendaftar ujian CCNA di lembaga testing center?
Jawab :
Berikut ini beberapa langkah praktis untuk mendaftar ujian CCNA :
a. Kontak lembaga testing center pilihan Anda. Biasanya 1 atau 2 minggu sebelum waktu pelaksanaan ujian. Carilah yang dekat dengan lokasi Anda tinggal.
b. Isi formulir pendaftaran ujian, biasanya terdapat kode ujian dan waktu pelaksanaan ujian. Setelah itu kirimkan kembali ke pihak testing center.
c. Transfer biaya ujian ke lembaga testing center atau datang langsung dengan membayar cash
d. Datang ke lokasi ujian 30 menit sebelum waktu pelaksanaan ujian
e. Tips dari nixtrain : pada saat memilih jam ujian, hendaknya pilih yang pagi hari, misal jam 09.00 – 11.00. Karena pada jam ini biasanya belum melakukan aktivitas pekerjaan yang nantinya dapat mengganggu konsentrasi pada saat ujian.
7) Bagaimana cara belajar untuk mendapatkan CCNA?
Jawab :
Untuk mendapatkan CCNA Anda bisa mengikuti salah satu dari tiga cara ini :
Pertama, belajar mandiri. Anda mencari sumber belajar dan mempraktikannya sendiri.
Kedua, mengikuti training di Cisco Academy/Cisco Learning Partner. Cisco Academy biasanya ada dikampus-kampus/SMK dan membutuhkan waktu yang lama untuk menempuh 4 modul CCNA. Cisco Learning Partner biasanya ada di kota2 besar seperti Jakarta.
Ketiga, mengikuti training FastTrack. Dengan program FastTrack Anda mendapatkan delivery materi dengan waktu yang relatif singkat, bisa 4-6 hari.
ccna-learn
8) Mengapa harus ikut training CCNA?
Jawab :
Tidak ada keharusan untuk mengikuti training CCNA ketika Anda ingin mengambil ujian CCNA. Cisco sendiri tidak menjadikan syarat training sebagai syarat untuk mengikuti ujian CCNA. Jika Anda sudah pede untuk ujian, bisa langsung daftar ke perwakilan Pearson Vue, tapi jika  belum pede, disarankan untuk mengikuti training, karena jika Anda gagal dalam mengerjakan soal ujian CCNA maka Anda akan kehilangan 295 USD + biaya administrasi dan tidak bisa di retake lagi.
9) Apa saja yang harus dipelajari biar bisa lulus ujian CCNA?
Jawab :
Materi ujian dapat dilihat di Exam Topics di sini. Agar Anda bisa lulus, Anda harus menguasai topik yang akan diujikan.
10) Bagaimana kita tahu lulus ujian CCNA atau tidak?
Jawab :
Setelah Anda mendaftar ujian ke perwakilan Pearson Vue, selanjutnya Anda tinggal ujian pada hari dan jam yang telah  ditentukan sendiri atau mengikuti jadwal dari perwakilan Pearson Vue.
Kemudian setelah Anda selesai ujian, begitu di submit jawaban yang telah diisi maka akan keluar hasilnya dan exam report akan dikirimkan oleh Admin ke email Anda, contoh seperti berikut ini : (Lihat pada status Grade : jika lulus isinya Pass, jika gagal isinya Failed)
ccna-exam-report
Kalau sudah lulus CCNA, Anda akan mendapatkan nomor Cisco ID (atau biasanya disebut nomor cantik Cisco) dan nomor sertifikat dapat di verifikasi di web cisco www.cisco.com/go/verifycertificate (contohnya seperti dibawah ini)
ccna-verified

ccna-issued
11) Berapa passing grade untuk ujian CCNA?
Jawab :
Passing grade adalah nilai minimal untuk lulus ujian CCNA. Anda harus mendapatkan score diatas 825 dari nilai total 1000. Jika dibawah 825 Anda tidak lulus ujian CCNA.
12) Berapa soal yang harus saya kerjakan dan berapa lama waktunya ?Jawab :
Berdasarkan informasi dari website Cisco, lama ujian 90 menit dan jumlah soal 50-60.
Untuk orang Indonesia lama waktu ujian 120 menit karena bukan native English.
13) Bagaimana bentuk soal ujian CCNA?
Jawab :
Bentuk soal ujian bisa berupa :
-Multiple-choice single answer
-Multiple-choice multiple answer
-Drag-and-drop
-Fill-in-the-blank
-Testlet
-Simlet
-Simulations (Lab)
14) Jika sudah lulus CCNA, berapa lama masa aktif CCNA-nya?
Jawab :
Masa aktifnya 3 tahun, setelah itu bisa re-exam CCNA lagi atau bisa ngambil ujian diatasnya sebelum masa aktifnya habis.
15) Apakah saya boleh menambahkan CCNA dibelakang nama saya di CV?
Jawab:
Selama sudah lulus menempuh ujian CCNA+masih aktif CCNA-nya, maka Anda boleh menambahkan CCNA dibelakang nama Anda, misalnya ‘Nama Anda, CCNA’.

0 komentar:

Post a Comment